Digital Marketing

Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Bagaimana cara iklan instagram tertarget ?. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Menurut napolencat, pengguna instagram indonesia pada mei 2020 mencapai 69 juta. Dengan statistik pengguna yang tinggi, artinya platform instagram dapat menjadi peluang pemasaran yang sangat baik.

Tidak heran bila banyak para pebisnis berlomba memasarkan produk di instagram. Jangkauan audiens akan dapat dengan mudah ditemukan melalui Feed, Stories, LIVE, hingga IGTV. Dengan peluang ini, layanan jasa iklan instagram banyak bermunculan. Perlu diketahui juga, akan ada perbedaan antara akun instagram personal dengan bisnis, perbedaanya terletak pada fitur yang disediakan.

Pada instagram, jenis iklan dibagi menjadi lima jenis, yakni iklan cerita (stories), iklan foto, iklan video, iklan carousel dan iklan koleksi. Anda dapat memilih salah satu ataupun memilih semua jenis iklan sesuai dengan kebutuhan. Cara iklan instagram sama dengan di Facebook Ads, sehingga bila Anda sudah pernah menggunakan facebook Ads akan dengan mudah menggunakan Instagram Ads.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan iklan instagram. Baik, mari kita mulai saja untuk membahas lebih detail.

Berapa Biaya Iklan Instagram ?

Untuk biaya iklan instagram sama dengan Facebook Ads, yang ,ama biayanya mulai dari Rp.25.000 selama satu hari. Namun pada tahun 2020, sepertinya iklan instagram sudah dapat dimulai dari Rp.10.000 saja. Semakin tinggi dana yang Anda alokasikan untuk iklan, maka semakin luas pula jangkauan Audiens. Untuk iklan dengan budget Rp.10.000 hanya dapat menjangkau 3.400 orang.

Anda juga dapat menganggarkan budget iklan dalam waktu tertentu. Misal saja untuk bulanan, mingguan ataupun harian, sehingga tidak perlu report harus mengisi saldo iklan setiap hari. Perlu diketahui, bahwa perhitungan budget iklan tergantung juga terhadap pengaturan ataupun waktu yang dipilih. Agar tarif pasang iklan di Instagram maksimal, Anda perlu melakukan optimasi pada iklan.

Cara Membayar Iklan Instagram ?

Bagi Anda yang baru saja mengenal iklan instagram mungkin akan bertanya cara pembayaran iklan di instagram. Terdapat dua metode pembayaran dalam beriklan di instagram, yaitu dengan kartu kredit/debit atau transfer bank. Tentunya metode transfer bank akan menjadi pilihan utama bagi Anda yang saat ini tidak memiliki kartu kredit/debit.

Pembayaran menggunakan transfer bank hanya tersedia pada versi desktop saja. Berikut untuk cara pembayaran iklan di instagram :

cara membayar iklan instagram

1. Pembayaran Transfer Bank

  • Pilih “ATM dan Bank Transfer” pada bagian Metode Pembayaran
  • Bila metode transfer bank tidak muncul ubah jenis mata uang ke rupiah (IDR) dan pilih negara indonesia.
  • Masukan jumlah pembayaran (mulai dari Rp.10.501)
  • Gunakan kode 16-digit yang muncul untuk transfer melalui ATM maupun Internet Banking.
  • Pilih “transfer ke bank lain” dan pilih “Bank Permata“. Bila membutuhkan kode bank maka gunakan 013 (kode bank permata).

2. Pembayaran Kartu Kredit atau Debit

Untuk pembayaran kartu kredit atau debit, Anda hanya perlu memilihnya saat beriklan. Setelah memilih metode pembayaran kredit/debit maka akan diarahkan ke halaman detail kartu kredit atau debit.

Cara Membuat Iklan Instagram

Cara pasang iklan instagram di instagram tidaklah sulit. Dalam hal ini Anda dapat langsung memasang iklan melalui instagram, Facebook Ads Manager atau Facebook Power Editor. Kami hanya akan membahas dua metode pembuatan iklan di instagram saja.

1. Membuat Iklan Instagram di Aplikasi

Cara pertama, akun instagram Anda harus sudah diubah menjadi intagram business. Jika masih dalam instagram personal, maka tidak akan dapat menggunakan cara ini. Jadi kita akan mulai dari pembuatan instagram business.

Pertama – Ubah ke Profil Instagram Bisnis

Berikut langkah dalam mengubah instagram personal ke instagram bisnis.

  • Login ke instagram terlebih dahulu
  • Ketuk “Ikon Profil” untuk membuka profile Anda
  • Pojok kanan atas ketuk “Ikon tiga garis“, lalu pilih “Pengaturan
  • Pilih “Beralih ke Profil Bisnis” dan klik “Lanjutkan
  • Opsional) Jika Anda ingin menghubungkan akun bisnis Instagram ke halaman bisnis Facebook Anda, ikuti petunjuk untuk melakukannya
  • Tambahkan informasi kontak instagram bisnis seperti alamat email, nomor telepon, alamat dan lainnya.
  • Pilih “Selesai

Kedua – Memilih Konten

Selanjutnya Anda dapat memilih konten yang ingin diiklankan. Setelah beralih ke facebook business, ketika Anda membuka sebuah konten maka akan ada tombol “Promosi“. Apabila mengklik tombol tersebut, maka akan diarahkan ke konfigurasi promosi.

Jika konten tersebut tidak ada di post instagram Anda, maka perlu di upload telebih dahulu konten tersebut. kemudian klik tombol “Promotions” atau dengan klik postingan maka akan muncul tombol promosi dibawahnya.

Ketiga – Tentukan Goal

Tentukanlah tujuan iklan Anda pada pengaturan pembuatan iklan, seperti umur, kegitan dan lain sebagainya. Tentukan target audiens sesuai dengan konten yang di posting. Pilih juga tujuan konten tersebut ketika ada yang klik atau lainnya. Misal saja ingin Anda arahkan ke Profile, Situs Web, Etalase Produk.

Keempat – Target Audience

Setelah tujuan iklan telah ditentukan, selanjutnya Anda perlu mengatur target audience. Pada bagian ini, Anda akan diberikan pilihan menggunakan target audience otomatis atau buat sendiri. Bila memilih otomatis, maka instagram akan mengarahkan iklan Anda kepada orang-orang yang sesuai dengan follower akun instagram. Selain itu juga orang-orang yang pernah melihat atau tertarik dengan konten instagram Anda,

Bila Anda memilih “buat milik sendiri” maka harus menentukan lokasi target audience, minat, serta usia dan jenis kelamin secara manual. Anda perlu mengetahui target pasar produk agar sukses menggunakan langkah ini.

Kelima – Tetapkan Anggaran

Langkah selanjutnya, Anda perlu menetapkan anggaran iklan. Anggaran paling kecil dalam sehari Rp.10.000 hingga terbesar Rp.10.000.000. Anda juga dapat menetapkan durasi iklan tersebut akan bekerja. Misal anggaran harian Anda tetapkan Rp.10.000 maka dalam 15 hari Rp.150.000.

Semakin tinggi jumlah anggaran yang dikeluarkan, maka semakin besar pula jangkauan audience yang akan di dapatkan. Jika anggaran yang ditetapkan Rp.10.000/hari maka jangkauan berkisar 1.300 hingga 3.400 orang. Sedangkan bila Rp.50.000/hari maka jangkauan berkisar 7.900 hingga 21.000 orang.

Keenam – Review Iklan

Langkah yang terakhir adalah melakukan review pada iklan. Semua konfigurasi yang telah Anda lakukan sebelumnya akan ditampilkan pada halaman terakhir. Dan juga akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Saat ini metode pembayaran yang tersedia hanya melalui kartu kredit atau debit. Agar dapat menggunakan metode pembayaran transfer bank, Anda dapat melakuakn konfigurasi iklan melalui facebook manager desktop.

Setelah semua sesuai, klik tombol “buat promosi” agar iklan berjalan. Anda juga bisa melihat desain tampilan atau konten sebelum iklan tayang. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu persetujuan iklan instagram. Jika nantinya iklan di tolak, maka perlu memperbaiki sesuai dengan intruksi dari instagram. Pada umumnya iklan di tolak dapat dikarenakan tidak sesuai dengan syarat ketentuan mereka.

Sekedar informasi, bagi Anda yang membutuhkan jasa iklan instagram dapat menghubungi kami di digitalsproject.com. Atau juga bisa membantu jasa pembuatan website, managed VPS dan lainnya.

2. Membuat Iklan Instagram di Facebook Ads Manager

Karena instagram milik facebook, sehingga Anda juga dapat mengatur iklan melalui Ads Manager Facebook. Sesuaikan audiens dan fitur lainnya untuk mempermudah Anda dalam memantau performa iklan. Pastikan Anda sudah memiliki akun facebook dan halaman. Lebih baik lagi bila beriklan melalui Facebook Business, karena akan lebih mudah dalam proses pengelolaan iklan.

Setelah Anda menyelesaikan persiapan tersebut, inilah saatnya untuk memulai membuat iklan Instagram.

Pertama – Pilih Tujuan

Silakan Anda login ke “Ads Manager” facebook. Login dapat melalui facebook business jika sudah memiliki akun business.

Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Klik “+ Buat“, dan Tujuan“. Terdapat beberapa tujuan dalam iklan facebook maupun instagram. Berikut ini beberapa list tujuan tersebut.

  • Kesadaran merek (Brand awareness). Membantu meningkatkan kesadaran akan bisnis atau produk Anda di antara pengguna yang belum pernah mendengar tentang Anda.
  • Jangkauan (Reach). Menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin orang di audiens target Anda.
  • Lalu lintas (Traffic). Untuk klik ke website, ke aplikasi Anda, atau ke URL lain yang Anda pilih.
  • Penginstalan aplikasi (App installs). Dorong pengguna untuk mendownload aplikasi Anda saat mereka melihat iklan.
  • Keterikatan (Engagement). Bertujuan untuk meningkatkan jumlah komentar, suka, berbagi, tanggapan acara, dan penawaran klaim yang Anda terima.
  • Penayangan video (Video views). Bagikan video Anda dengan orang yang kemungkinan besar menontonnya.
  • Generasi pemimpin (Lead generation). Kumpulkan data prospek dari pengguna yang mengklik iklan.
  • Pesan (Messages). Dorong pengguna untuk mengirim pesan ke akun merek Anda.
  • Konversi (Conversions). Dorong penjualan dan konversi pendaftaran di situs web atau aplikasi Anda.
  • Penjualan katalog (Catalog Sales). Promosikan penjualan produk dari katalog toko online Anda.
  • Lalu lintas toko (Store traffic). Arahkan pengguna ke lokasi fisik Anda.

Setelah Anda memahami dengan baik tujuan kampanye, maka selanjutnya bisa memilih dan memberi nama yang lebih spesifik untuk memudahkan dalam melacak kampanye Anda.

Kedua – Identifikasi Audience

Langkah selanjutnya adalah menentukan target audience iklan Anda. Mungkin Anda masih belum memahami dengan pasti informasi lebih detail mengenai audience Anda. Namun pastikan Anda memahaminya secara global seperti informasi demografis biasa seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi. Jika ingin dipersempit lagi, masih banyak parameternya. Semakin spesifik filter yang Anda lakukan, maka jumlah audience akan semakin sedikit namun lebih tertarget.

Untuk menjangkau orang-orang yang pernah berinteraksi dengan bisnis Anda gunakan custom audience atau lookalike audience jika ingin menjangkau orang-orang baru.

Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Audience yang telah Anda konfigurasi sebelumnya juga dapat disimpan, sehingga dapat digunakan lagi bila memiliki potensi yang baik. Facebook juga menyediakan fitur audience definition atau definisi pemirsa. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memberikan info langsung tentang bagaimana sempit atau luas audience Anda, serta perkiraan jumlah jangkauan iklan Anda.

Ketiga – Pilih Penempatan Iklan

Pada penempatan, Anda dapat memutuskan di mana iklan Anda akan muncul di Facebook dan Instagram. Terdapat dua opsi penempatan :
  • Penempatan Otomatis. Iklan Anda akan ditampilkan kepada audiens Anda di mana pun mereka cenderung berkinerja terbaik.
  • Penempatan Manual. Anda dapat memilih di mana iklan Anda muncul. Misalnya, jika Anda ingin membatasi iklan Anda hanya untuk muncul di Cerita Instagram, atau hanya di Umpan Instagram, Anda dapat memilih Penempatan Manual.

Pastikan Anda memilih penempatan manual agar bisa memilih penempatan instagram saja.

Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Setelah Anda memilih penempatan iklan yang sesuai, sekarang waktunya untuk memilih anggaran Anda

Keempat – Anggaran dan Jadwal

Pada bagian ini, Anda perlu menentukan anggaran yang akan dikeluarkan untuk iklan serta berapa lama iklan tersebut akan tayang.

Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Anda dapat memilih anggaran harian, yang menawarkan pembelanjaan harian maksimum, atau anggaran seumur hidup untuk iklan dengan waktu yang ditetapkan. Anda juga dapat memilih untuk menjalankan iklan secara terus menerus, atau hanya pada waktu-waktu tertentu.

  • Anggaran harian adalah anggaran yang akan terus berjalan sepanjang hari. Untuk anggaran harian biasanya minimal sekitar Rp 25.000.
  • Anggaran sepanjang masa promosi adalah anggaran yang akan terus berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Pengelola Iklan Facebook juga menyertakan opsi pengoptimalan dan strategi penawaran, yang menjelaskan bagaimana anggaran Anda akan dibelanjakan. Ini mungkin dapat disesuaikan, tergantung pada tujuan kampanye Anda.

Terdapat 3 pilihan opsi pengoptimalan, yang akan mempengaruhi siapa yang melihat iklan Anda:

  1. Klik Tautan (rekomendasi), akan membantu Anda mendapatkan klik paling banyak dari iklan ke website Anda dengan harga paling rendah berdasarkan pada algoritma platform.
  2. Tayangan, iklan akan ditayangkan ke sebanyak mungkin orang. Jika Anda pernah melihat iklan newsfeed pada facebook, maka pengiklan memilih tipe ini.
  3. angkauan Unik Harian, iklan hanya akan dikirimkan ke orang-orang sekali dalam sehari. Orang yang sama hanya akan melihat iklan Anda sekali saja dalam sehari.

Sedangkan untuk strategi penawaran terdapat dua jenis, yaitu manual atau otomatis. Jika memilih otomatis, algoritma Facebook akan mengirimkan iklan Anda – idealnya jumlah klik yang didapatkan paling banyak untuk biaya terendah.

Bila memilih manual, Anda dapat mengatur harga untuk klik link. Cobalah menetapkan tawaran lebih tinggi dari yang disarankan, dan iklan Anda akan ditampilkan di atas kompetitor dengan tawaran yang lebih rendah.

Anda dapat memilih jadwal pengiriman standard ataupun dipercepat. Bila memilih standard, iklan akan ditampilkan sepanjang hari. Namun bila memilih dipercepat, iklan akan mencapai audience dengan cepat untuk iklan sensitif terhadap waktu (Catatan: opsi pengiriman dipercepat membutuhkan tawaran manual).

Kelima – Buat Iklan

Ini merupakan langkah terakhir, membuat iklan instagram. Siapkan element iklan seperti gambar atau video dan tentunya teks copywriting.

Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Secara umum langkahnya akan seperti berikut :

  • Pilih gambar atau video Anda
  • Buat salinan iklan Anda
  • Pilih opsi pembayaran
  • Tinjau iklan Anda
  • Klik Konfirmasi

Pada Instagram, Anda memiliki beberapa pilihan yang berbeda untuk iklan Anda :

  • Gambar tunggal, video, atau slideshow
  • Beberapa gambar (Carousel)

Setelah Anda memilih mode iklan, maka akan dilanjutkan dengan upload media berupa gambar atau video. Pada gambar, pastikan tidak lebih dari 20% untuk teks. Karena bila melebihi 20% biasanya iklan akan ditolak. Lebih detailnya bisa kamu cek pada page facebook disini.

Untuk ekstensi gambar pastikan .jpeg atau .png. Ukuran gambar landspace 1200 x 628 piksel. Pada teks/keterangan, usahakan hanya 125 karakter, dengan maksimal 2.200 karakter.

Sedangkan pada video pastikan memenuhi kriteria resolusi berikut :

  • Rekomendasi : 1080 x 1080 piksel
  • Minimum : 600 x 600 piksel
  • Rasio 1:1

Anda juga dapat memilih tombol ajakan bertindak, dan URL tujuan yang akan dibuka orang ketika mereka mengekliknya. Berikut ini beberapa tombol ajakan yang tersedia :

  • Selengkapnya
  • Daftar Sekarang
  • Pesan sekarang
  • Hubungi kami
  • Unduh
  • Beli Sekarang
  • Mendaftar
  • Tonton Lainnya

Dan yang terakhir tambagkan Pelacakan jika Anda ingin melacak konversi melalui Facebook Pixel di situs web Anda, atau acara aplikasi. Opsi ini akan memberi Anda informasi tentang bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan bisnis Anda setelah mengklik iklan Anda. Jadi pastikan Anda sudah memiliki facebook pixel sebelumnya.

Tags

Digitals Project

Digitals Project merupakan layanan pembuatan website, digitals marketing, jasa manage vps dan jasa pembuatan konten.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close