Digital Marketing

Penerapan Strategi Pemasaran Mix Pada UKM

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran Mix Pada UKM – Marketing memiliki tujuan yang beragam, di antaranya yaitu memastikan barang yang diproduksi perusahaan bisa dikenal luas. Dengan begitu, ke depannya perusahaan bisa memperoleh keuntungan besar dari hasil penjualan produknya.

Strategi pemasaran ini tak hanya dilakukan oleh perusahaan besar saja, tetapi juga oleh perusahaan kecil seperti UMKM. Akan tetapi, sebagian UMKM masih bingung untuk mengimplementasikan konsep strategi pemasaran. Padahal, strategi pemasaran sangat ampuh untuk membantu mereka dalam mengembangkan ean memajukan usahanya.

Strategi Pemasaran 7P (Mix)

Ada 7 unsur dalam strategi pemasaran ini, beberapa di antaranya telah dikenal dengan sebutan strategi pemasaran 7P. Ketujuh komponen tersebut yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis UMKM. Dalam artikel ini akan kita ambil contoh bisnis buah carica. Namun, hal itu tak mengartikan bahwa penerapan strategi pemasaran mix ini cuma bisa digunakan untuk usaha carica saja. Namun, bisa juga diterapkan di beragam jenis bisnis atau usaha lainnya.

Berikut penjelasan mengenai keempat unsur dari strategi pemasaran 7P atau mix beserta contohnya:

1. Product (Produk)

Sebagai contoh, penenerapan strategi pemasaran ini dilakukan pada UMKM Sumber Rezeki. Perusahaan tersebut menghasilkan manisan dari buah carica yang dikemas dengan brand atau merek Carica Rezeki. Kemasan produk manisan carica tersedia dalam dua pilihan, yakni 350 gram dan 125 gram.

Produk manisan tersebut memiliki  kelebihan tersendiri, yaitu mengandung beragam vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, dalam proses pembuatannya juga tidak menggunakan pengawet makanan. Produk manisan buah carica ini juga bisa bertahan walaupun tidak ditambah pengawet. Terdapat dua pilihan kemasan yang bisa menjadi pilihan konsumen sesuai kebutuhan atau kemampuannya. Nah, hal-hal seperti bisa menjadi strategi marketing agar jumlah konsumen meningkat.

2. Price (Harga)

Harga merupakan salah satu strategi yang ada di dalam strategi pemasaran. Pada produk manisan buah carica yang diproduksi oleh UMKM Sumber Rezeki terdapat harga yang dicantumkan. Karena harga produk manisan carica yang ada di pasaran cenderung variatif, maka pencantuman harga tersebut di kemasan produk bisa membantu konsumen membandingkan harga manisan carica Sumber Rezeki dengan kompetitor.

Oleh karena itu, UMKM Sumber Rezeki harus memberikan harga yang juga kompetitif. Jika ingin menaikan harga nantinya, maka perusahaan harus bisa mempertimbangkan persepsi pembeli.

3. Place (Tempat)

UMKM Sumber Rezeki mempunyai tempat untuk memproduksi manisan carica daerah Jawa Timur. Yang mana daerah tersebut memang banyak menghasilkan buah carica. Manisan carica kini sudah menjadi makanan atau camilan oleh-oleh khas dari daerah Jawa Timur. Salah satu teknik pemasaran adalah memilih tempat yang strategis.

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah sesuatu yang paling penting dalam mengenalkan produk perusahaan kepada masyarakat luas. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk promosi, di antaranya yaitu selebaran, pamflet, poster, social media, iklan radio, dan spanduk.

5. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence atau bukti fisik merupakan bukti yang berwujud. Dalam produk carica sudah pasti memiliki produk fisik seperti carica, spanduk, pamlet, poster dan lan sebagainya. Dengan adanya bukti fisik tentu akan membuat pelanggan semakin yakin untuk membeli.

6. People (Orang)

People atau Orang dalam strategi marketing mix adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan dalam jalannya proses bisnis. Perlu memiliki tim yang solid dan berkompeten agar proses bisnis berjalan dengan baik. Bila salah dalam memilih SDM, sudah tentu akan berakibat fatal pada proses bisnis.

Akibat dari memilih SDM yang salah, dapat membuat bisnis Anda rugi dalam hal finansial, produktivitas buruk, dan membuat reputasi perusahaan semakin buruk. Bayangkan bagaimana bila perusahaan dijalankan oleh SDM yang tidak sesuai ?. Contoh saja dalam hal service sudah tentu SDM tersebut akan memberikan pelayanan yang buruk dan membuat pelanggan tidak percaya lagi dengan bisnis Anda.

Dalam bisnis carica tentu ada SDM yang menjalankan bisnis tersebut, diantaranya bagian keuangan, pemasaran, produksi, pengemasan, promosi dan lain sebagainya.

7. Process (Proses)

Process atau proses adalah prosedur, mekanisme yang diperlukan konsumen untuk menggunakan layanan Anda. Dalam hal ini bagaimana pelanggan dapat mengetahui produk Anda hingga melakukan pembelian. Pelayanan yang baik akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pemasaran. Selain itu Anda juga perlu konsistensi dengan produk atau layanan terbaik.

Bagaimana UMKM Sumber Rezeki membuat oleh-oleh carica khas jawa timur dapat dikenal banyak pelanggan adalah dengan melakukan promosi melalui spanduk, media sosial, pamflet dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Sejumlah strategi atau teknik dalam melakukan promosi tergolong efektif apabila dibandingkan dengan nilai penjualan atau omset yang terus-menerus meningkat. Dengan begitu, strategi promosi berikutnya bisa berupa target seperti meningkatkan jumlah pelanggan loyal dan meningkatkan segmentasi pasar.

Demikianlah contoh penerapan strategi pemasaran mix terhadap sebuah produk yang diproduksi oleh UMKM. Sangat mudah, bukan? Kini, waktunya Anda untuk mencoba melakukan strategi pemasaran 7P tersebut untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tags

Digitals Project

Digitals Project merupakan layanan pembuatan website, digitals marketing, jasa manage vps dan jasa pembuatan konten.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close