Digital Marketing

Penerapan Strategi Pemasaran STP pada Suatu Produk

Penerapan Strategi Pemasaran STP pada Suatu Produk – Strategi dalam mengembangkan usaha sangat erat hubungannya dengan marketing. Sebab, setiap kegiatan dalam usaha atau bisnis perusahaan selalu bermuara di marketing-nya. Strategi adalah proses perencanaan hingga penggambaran kegiatan, dan juga pelaksanaannya dalam waktu yang ditentukan. Pemasaran adalah aktivitas utama yang dilakukan para pelaku usaha guna mengembangkan perusahan serta memperoleh keuntungan.

Strategi STP (Segmenting Targeting Positioning) adalah tiga rangkaian proses yang wajib dijalani dalam sebuah penetapan strategi usaha. Hal tersebut berlaku terhadap semua jenis produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan, baik secara online atau pun offline.

Strategi Pemasaran STP

strategi pemasaran STP ini merupakan suatu proses pengkategorian, melakukan segmentasi pasar, serta memposisikan pemasaran usaha dibandingkan kompetitor. Adapun hal-hal yang meliputi strategi pemasaran tersebut yaitu:

Segmentasi Pasar (Segmenting)

Segmentasi pasar adalah tahap pertama untuk merumuskan strategi pemasaran. Proses mengklasifikasikan, mengkategorikan, atau menggolongkan setiap target potensial produk perusahaan merupakan bagian dari segmentasi pasar. Setelah itu, pasar akan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pembeli, perilaku atau karakter, dan lainnya.

Segmentasi adalah dasar dalah menentukan komponen strategi yang diiringi dengan pemilihan pasar yamg dituju. Dengan begitu, proses tersebut nantinya akan memberikan cuan dalam menentukan tahap berikutnya. Segmenting adalah faktor kunci strategi marketing guna mengalahkan kompetitor, dengan cara memandang pasar dengan cara yang lain dari yang dilakukan kompetitor, serta dari sudut yang unik.

Penentuan Pasar Sasaran (Targeting)

Langkah selanjutnya setelah pengidentifikasian peluang segmentasi pasar adalah melakukan evaluasi beragam segmen tersebut guna memutuskan segmen yang akan dijadikan sasaran. Untuk melakukan evaluasi segmen pasar, perusahaan wajib melihat sejumlah faktor yang memengaruhinya, yakni daya tarik pasar secara menyeluruh, resource, dan tujuan perusahaan. Lakukan survey untuk mengetahui kondisi pasar agar tidak salah target.

Penentuan Produk (Positioning)

Positioning adalah suatu proses pengembangan strategi pemasaran guna mempengaruhi bagaimana segmen pasar tertentu memandang suatu produk dibandingkan dengan kompetitor. Positioning juga akan menunjukkan bagaimana sebuah produk bisa dibedakan dari produk kompetitor.

Penerapannnya pada Bisnis Online

Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan dalam penerapan STP secara konvensional atau pun usaha online. Namun, pada bisnis online umumnya terdapat teknik pemasaran STP yang lebih dinamis dan lebih kompleks sehingga bisa mengendalikan efektivitas strategi.

Baca Juga : Strategi Pemasaran 4P Dan Implementasi

Pada implementasinya, penerapan strategi STP ini cukup simpel. Hal tersebut meliputi perencanaan, tindakan, serta pengaplikasian marketing dari produk yang akan dipasarkan. Sebelumnya, harus menganalisis kondisi umum perusahaan secara internal dan eksternal terlebih dahulu.

Contoh Strategi Pemasaran STP pada Yakult

Dalam contoh ini akan diambil produk Yakult. Seperti yang kita ketahui, segmentasi pasar yang dimiliki produk Yakult sangat luas. Berikut uraian segmenting produk tersebut.

1. Segmentasi sikap dan perilaku

Produk Yakult bisa dikategorikan ke dalam beberapa jenis pengguna, yaitu pengguna kelas berat (sering dan teratur mengonsumsi), menengah (sering mengonsumsi), dan kelas ringan (jarang mengonsumsi).

2. Segmentasi demografi

Yakult bisa diminum oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, serta baik dikonsumsi pria atau pun wanita.

3. Segmentasi geografi

Produk ini lebih baik dipasarkan di kota-kota besar atau kota industri. Kurang cocok dipasarkan di pedesaan.

Keunggulan Pemasaran STP

Strategi pemasaran  STP ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

  • Tidak sulit diimplementasikan
  • Bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang usaha

Setiap usaha harus memiliki konsep marketing yang jelas agar dapat mengembangkan serta memajukan usahanya. Dengan begitu, penjualan dan keuntungan yang akan diperoleh perusahaan juga akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Anda bisa menggunakan strategi STP untuk mendukung pengembangan usaha Anda.

Tags

Digitals Project

Digitals Project merupakan layanan pembuatan website, digitals marketing, jasa manage vps dan jasa pembuatan konten.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close