Digital Marketing

Strategi Pemasaran 4P dan Tahapan Penerapannya

Strategi Pemasaran 4P mungkin belum banyak diketahui para pelaku bisnis. Ini salah satu teknik pemasaran yang sudah terbukti sukses meningkatkan penjualan produk maupun jasa.

Teknik penjualan  ini sebenarnya sudah lama dikenal, hanya saja saat ini cara penjualan dengan  4P telah mengalami penyempurnaan. Tentu saja agar tercapai transaksi  yang  maksimal dari masing-masing produk.

Teknik penjualan 4P terdiri dari produk (produksi), place (tempat), price (harga) dan promotion (promosi). Ini merupakan satu kesatuan.

Strategi Pemasaran 4P

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pemasaran produk menggunakan teknik 4P harus memenuhi 4 unsur penting. Berikutnya penjelasan terkait teknik pemasaran ini.

1. Produk

Pastikan produk yang anda tawarkan adalah produk yang dapat diterima oleh masyarakat.  Anda  bisa melakukannya survei langsung pada konsumen, produk seperti apa yang diinginkan agar dapat anda sesuaikan.

2. Place

Tempat anda memasarkan produk berhubungan langsung dengan jumlah transaksi yang mungkin terjadi. Anda bisa memilih tempat yang sesuai, dapat berupa toko online maupun toko dalam bentuk fisik.

3. Price

Anda harus meyakinkan bahwa nominal yang dicantumkan tidak melebihi harga kompetitor dengan produk sejenis. Anda dapat melakukan survei lapangan agar mendapatkan nilai nominal yang sesuai untuk produk anda.

4. Promosi

Penjualan tanpa Promosi, sesuatu hal yang mustahil. Agar penjualan sukses anda harus memperhatikan promosi usaha anda. Promosi bisa dilakukan secara online maupun offline,  tergantung sumberdaya  yang anda miliki.

Tahapan dalam Strategi Pemasaran 4P

Dalam menggunakan strategi marketing 4p, Anda sudah harus menentukan target pasar, segementasi dan positioning. Berikut penjelasan tahapan tersebut.

1. Tentukan Target Pasar

Ini menjadi tahap awal dalam tehnik penjualan  4P. Anda harus menetukan siapa yang akan menjadi target pasar atau konsumen. Anda harus menentukan jenis konsumen yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Segmentasi pasar tidak harus dalam satu katagori.  Anda bisa memilih beberapa katagori konsumen, bahkan anda dapat memilih konsumen dari beberapa golongan. Ini akan menjadi pertimbangan dalam langkah selanjutnya.

2. Segmentasi Pembeli

Anda harus menentukan karakteristik konsumen anda dengan jelas. Seperti lingkungan kerja, usia, hobi dan berbagai hal lainnya.  Ini akan mempengaruhi cara anda menawarkan produk nantinya.

Jika perusahaan anda memproduksi berbagai jenis produk. Maka hal ini bisa menjadi pertimbangan, produk yang mana yang akan ditawarkan pada konsumen tipe tertentu.  Pemilihan konsumen yang sesuai  akan memudahkan terjadinya transaksi.

3. Diferensiasi dan Posisi

Setelah Anda menentukan karakteristik produk yang dijual. Anda harus membuat suatu brand image bagi produk tersebut. Langkah ini sebagai sebuah pembeda produk anda dengan produk kompetitor.

Teknik pemasaran ini, bertujuan agar brand produk Anda dikenal oleh konsumennya sebagai suatu yang khas. Walaupun muncul produk yang serupa tetapi produk anda telah mempunyai ciri tersendiri dalam pikiran konsumen.

Tanpa disadari konsumen akan terikat pada produk yang anda miliki. Jika konsumen membutuhkan produk yang serupa maka pilihan akan selalu pada produk anda. Misalnya produk air kemasan yang lebih dikenal pada sebuah brand.

Baca Juga :

Cara yang paling efektif dalam sebuah pemasaran adalah menggabungkan keempat elemen tersebut dalam setiap program promosi. Langkah-langkah tersebut telah dibuktikan oleh banyak pelaku usaha sebagai langkah yang efisien.

Anda harus dapat memberikan “nilai” pada produk. Nilai tersebut yang akan menjadi daya tarik untuk terus membeli produk anda. Nilai ini didapat dari cara anda memperkenalkan produk pada konsumen.

Cara memperkenalkan produk melalui teknik promosi yang tepat. Nilai yang telah ada harus selalu dijaga dan ditingkatkan,  agar konsumen tetap setia pada produk dan tidak beralih kepada kompetitor.

Menggunakan teknik penjualan 4P membuat pemasaran produk lebih terarah. Tidak akan membuang waktu dan biaya untuk konsumen yang tidak sesuai.  Usaha lancar omset meningkat, anda bisa disebut sukses dalam berbisnis.

Tags

Digitals Project

Digitals Project merupakan layanan pembuatan website, digitals marketing, jasa manage vps dan jasa pembuatan konten.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close