Digital Marketing

Tips Sukses Beriklan di Instagram agar OMZET Meroket

Ini dia ! Tips Sukses Beriklan di Instagram ?. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna. Sehingga instagram banyak di manfaatkan untuk promosi. Jangkauan audiens akan dapat dengan mudah ditemukan melalui Feed, Stories, LIVE, hingga IGTV. Dengan peluang ini, layanan jasa iklan instagram banyak bermunculan.

Meskipun dalam membuat promosi di instagram sangat mudah. Perlu tips beriklan di Instagram dengan benar agar tingkat kesuksesan iklan menjadi tinggi.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan Instagram Tertarget

Pada kesempatan kali ini digitals project akan membahas cara beriklan di instagram. Sehingga Anda dapat dengan mudah membuat iklan semakin powerfull dan mencapai target yang diinginkan.

Tips Sukses Beriklan di Instagram

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar beriklan di instagram mencapai target. Silakan simak ulasan berikut :

1. Kenali Audiens

Anda perlu mengenal audiens dengan baik, hal ini akan membantu Anda dalam membuat konten iklan yang tertarget. Mengenali audiens merupakan bagian utama yang harus Anda lakukan sebelum membuat iklan instagram.

Pikirkan tentang iklan Anda dari sudut pandang calon pelanggan:

  • Solusi apa yang ditawarkan produk atau layanan Anda kepada mereka?
  • Apa yang mereka butuhkan dan inginkan?

Pikirkan juga solusi serta keuntungan mereka saat Anda membuat iklan. Ini semua tentang mereka atau calon pelanggan Anda.

2. Buat Tujuan

Setelah Anda mengetahui audiens dengan baik, selanjutnya adalah membuat tujuan ikan. Tanpa adanya perencanaan dan strategi yang baik kemungkinan hasil iklan tidak akan sesuai dengan keinginan Anda. Contoh tujuan dalam iklan seperti meningkatkan penjualan, list pelanggan, menambah followers dan lain sebagainya.

Agar lebih mudah dalam menentukan tujuan, Anda dapat menjawab 3 pertanyaan dibawah ini :

  1. Apa yang akan Anda promosikan ?
  2. Apa yang ingin Anda capai dengan beriklan di Instagram ?
  3. Bagaimana mengukur tingkat keberhasilan iklan ?

Bila Anda sudah dapat menjawab ketiga pertanyaan diatas, maka akan dengan mudah menentukan arah campaign iklan. Setiap tujuan iklan tentu akan memiliki pendekatan yang berbeda. Contoh tujuan iklan untuk meningkatkan closing, tentu akan berbeda dengan mendapatkan list customer baru.

3. Fokus Konten Visual dan Maksimalkan Teks

Karena instagram menekankan pada konten image maka Anda harus membuat gambar semarik mungkin yang membuat calon pelanggan tertarik dengan konten tersebut dan melakukan klik. Jangan biarkan gambar mirip seperti iklan, buatlah gambar senatural mungkin. Bila Anda sudah mengenali audience, akan dengan mudah untuk membuat iklan tampak natural.

Alasan utama mengapa iklan harus tampak natural karena konsumen tidak suka iklan secara terang-terangan. Mungkin Anda bila sebagai konsumen juga tidak suka bila dijualin secara secara langsung. Jadi gunakan pendekatan soft selling.

Sesuaikan juga ukuran post instagram. Bila ukuran tidak sesuai, kemungkinan pesan Anda dalam iklan tidak tersampaikan sangat besar. Berikut ini format iklan dalam instagram :

1. Single Image (Gambar Tunggal)

Resolusi Gambar : 1200 x 628 pixels
Facebook dan Instagram Stories : 1080 x 1920 pixels
Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9

2. Carousel (Karosel)

Resolusi Gambar : 1080 x 1080 pixels (maksimal 30MB)
Rasio Gambar : 1:1 (persegi)

3. Slideshow (Tayangan Slide)

Resolusi Gambar : 1280 x 720 pixels
Rasio Gambar : 16:9, 1:1, atau 2:3
Format Video : .mov atau .mp4

4. Single Video (Video Tunggal)

Format Video : .mp4, .mov, dan .gif
Rasio: 9:16 to 16:9
Resolusi: minimal : 600 pixels (lebar)
Ukuran File : maksimal 4GB
Durasi Video (Instagram) : 1 sampai 60 detik
Panjang Video untuk Instagram dan Facebook : 1 sampai 15 detik

Dan karena instagram tidak seperti facebook yang dapat menampilkan teks hingga 2.200 karakter atau lebih. Maka Anda perlu melakukan optimasi pada teks, yang mana cukup beberapa kalimat namun sudah dapat menginformasikan iklan tersebut. Anda perlu belajar copywiriting agar lebih mahir dalam memaksimalkan teks iklan

4. Tanggapi Komentar

Anda perlu menanggapi komentar dan suka pada iklan seperti pada posting organik. Hal ini penting untuk mengawasi keterlibatan pada iklan, karena kemungkinan besar calon pelanggan akan memberikan pertanyaan terkait dengan produk langsung melalui komentar.

Tanggapan yang Anda berikan akan membuat perbedaan dalam tingkat pembelian. Meskipun hanya beberapa orang yang komentar, namun semua orang akan melihat seberapa baik (atau tidak) Anda menangani masalah klien potensial.

5. Libatkan Pelanggan

Bila Anda memiliki follower cukup banyak, terkadang beberapa dari follower tersebut membagikan gambar atau video produk Anda yang telah dibeli sebelumnya. Anda dapat mencoba menghubungi pelanggan tersebut untuk menjadikannya bagian dari iklan instagram. Karena, menampilkan foto orang nyata pada Instagram Ads dapat  memberikan nuansa yang lebih otentik.

6. Uji, ukur, dan optimalkan

Mengawasi hasil iklan merupakan kunci untuk menyempurnakan strategi dan mendapatkan hasil maksimal dari anggaran iklan Instagram Anda. Apakah konversi “Pelajari lebih lanjut” lebih baik daripada “Belanja sekarang”? Bagaimana dengan deskripsi produk, tagar, atau body copy yang berbeda? Atau warna dan foto yang berbeda?

Tanpa adanya pengujian, Anda akan sulit untuk mengetahui keberhasilan iklan dan menentukan strategi iklan selanjutnya.

Nah itu dia sekilas tentang artikel Tips Sukses Beriklan di Instagram, semoga bermanfaat dan dapat memperluas wawasan Anda. Have a nice day!

Tags

Digitals Project

Digitals Project merupakan layanan pembuatan website, digitals marketing, jasa manage vps dan jasa pembuatan konten.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close